June 18, 2019

Teknologi Pondasi Cakar Ayam, Semen Conch Sebagai Bahan Utama

Teknologi Pondasi Cakar Ayam Memanfaatkan Semen Conch Sebagai Bahan Utama  – Prof. Soedijatmo adalah penemu sistem pondasi cakar ayam. Pondasi cakar ayam ditemukan pada tahun 1961 sebagai alternatif yang digunakan untuk memecahkan permasalahan tanah di bawah pondasi yang terlalu lunak. Mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern semakin memperluas akan penggunaan pondasi cakar ayam.

Pondasi sangat berperan dalam menentukan kestabilan suatu kontruksi bangunan. Sistem pondasi cakar ayam berkembang dan semakin tersedia dalam banyak variasi. Tidak sedikit pembangunan pondasi secara umum tidak memperhatikan tekstur tanah yang lembek. Akhirnya menyebabkan bangunan mengalami penyusutan dan ketidak stabilan bangunan. Dengan begitu akan merugikan pemilik bangunan.

Awal Munculnya Pondasi Cakar Ayam

Waktu yang mendesak membuat pondasi cakar ayam diceletuskan. Sistem pondasi konvensional sangat sulit untuk di buat di daerah rawa – rawa. Maka pencarian sistem baru pun dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Prof. Ir Soedijatmo memiliki ide untuk mendirikan menara diatas pondasi yang terdiri dari plat beton dengan dukungan pipa – pipa di bawahnya. Pipa yang dipasang di satukan dan mencengkeram tanah lembek secara meyakinkan.

Dari situlah muncul pemberian nama pondasi cakar ayam. Karena pola dari pipa yang mencengkeram bagian bawah tanah seperti cakar ayam. Kini pondasi cakar ayam banyak digunakan oleh tukang bangunan untuk mendirikan bangunan. Pondasi cakar ayam dapat berdiri kokoh dengan bantuan semen conch. kualitas dari semen dapat mempengaruhi kualitas dari pondasi.

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam

Setiap tukang tentunya memiliki kesenangannya sendiri masalah pembangunan. Terlebih masalah pembuatan pondasi. Terdapat berbagai macam pondasi yang bisa diterapkan dalam pembangunan. Namun menurut hasil, lebih banyak tukang yang menggunakan sistem pondasi cakar ayam karena kualitasnya.

Tidak seperti sistem pondasi yang lainnya. Sistem pondasi cakar ayam memiliki kekakuan yang didapat dari tekanan tanah yang pasif. Dengan daya dukung yang sama, volume plat beton pada cakar ayam akan semakin berkurang dan penggunaan kontruksi bisa lebih ekonomis.

Banyak kelebihan dari pondasi cakar ayam. Telapak beton pada pondasi cakar ayam sangat baik untuk menahan beban secara merata. Selain itu, pondasi cakar ayam dapat memuat beban hingga 500 – 600 ton per kolomnya. Untuk itu di bagian bawah kolom seringkali dibuat telapak beton untuk mengurangi tegangan geser pada plat beton yang digunakan.

small-logo
KANTOR :
Jl. Kav Polri Blok D 14 No. 1200, Jelambar, Jakarta Barat
GUDANG :
Daan Mogot km 18 Sedayu Biz Park Blok DM 1 No. 96 Jakarta barat
Telepon : 021 225 63070
    021 225 62183
Fax : 021 225 63258
HP : 0819 08888 388
Email : raja_sukses_tritunggal@yahoo.com
semen